Tuesday, December 24, 2013

IT'S WATTPAD!

Halo reader, visitor, viewer, atau apalah itu namanya. Kali ini aku lagi pingin ngebahas tentang.... WATTPAD! Iya, Wattpad. Jadi, Wattpad itu tempat kita nge-share atau membaca buku secara gratis. Bukan buku-buku kayak yang ada di toko buku. Tapi buku yang memang sama penulisnya Cuma di publish di Wattpad aja. Enggak ngerti? Ngertiin aja sendiri ._.V

Darimana aku tau Wattpad? Sebelumnya aku ini Directioner yang suka baca-baca fan fiction gitu. Terus aku kan liat-liat di twitter. Aku heran, kok banyak link fan fiction-nya itu http://wattpad.com/ apa gitu. Terus, aku buka satu fan fiction yang judulnya London, I Love Him. Aku baca, ternyata seru. Terus aku cari-cari deh cerita di sana. Awalnya aku kurang ngerti, tapi sekarang udah ngerti dan setiap hari pasti selalu ngecek Wattpad untuk ngeliat ada cerita yang di update atau enggak. Iya, jadi cerita disana itu enggak di publish langsung selesai sama author-nya, tapi kebanyakan author yang update tiap chapter/part nya dan itu yang selalu bikin penasaran.

Aku ada cerita-cerita sama author yang recommended banget di Wattpad. Menurutku, cerita-ceritanya bagus-bagus, unik, dan bikin kita rela nunggu dan mantengin Wattpad terus untuk nunggu update-an terbarunya. Semakin kesini aku mulai bosen sama fan fiction dan jadi lebih suka baca teen fiction gitu. Enggak tau kenapa, suka aja.

***

Recommended Authors

Bella Writes
Jadi, Bella Writes ini udah terkenal di Wattpad. Ceritanya yang lagi booming sekarang dan paling ditunggu-tunggu sama reader itu Cherry Blossom. Aku juga lagi nunggu banget Cherry Blossom di update. Selain Cherry Blossom, ada juga fan fiction One Direction yang judulnya When the Heart Meets the Love dan When the Heart Keeps the Love. Yang itu belum sempet baca. Pokoknya ceritaya Bella Writes ini banyak banget deh. Liat aja di profile-nya. Selain cerita yang sudah disebutkan ada juga 22 Days with Styles, The Summer Days, Acacia, yang sayangnya belum di update sampai sekarang dan ada First Time, new project dari Bella Writes yang sedang dikerjakan bersama dengan Cherry Blossom. Jangan lupa L’Γ‰ternitΓ© et AprΓ©s kumpulan tulisan-tulisan yang wow banget. Wajib dibaca semuanya!J

Captainradin
Nah, Captainradin ini author yang bikin aku jadi suka banget sama teen fiction. Ceritanya yang berjudul Kita, A-Bian-Ca, My Sweet Aoife, sama Expected jadi favoritku. Yang Kita, A-Bian-Ca, sama My Sweet Aoife sudah selesai, sedangkan yang Expected—sekuel dari A-Bian-Ca—sedang dikerjakan. Cerita-ceritanya selalu happy ending dan memuaskan deh. Recommmended! Ada juga fan fiction yang judulnya You Do Love Me. Don’t You? Sama Random Script, tempat nulis-nulis random mind dan random imagination-nya Captainradin.


WulaaanFF
WulaaanFF ini username baru dari LolittleAvery. Terkenal dengan cerita berserinya, yaitu Princess Series. Sejauh ini sudah ada 7 Princess Series dan yang terakhir, kedelapan akan di publish tahun 2014. Cerita-cerita Princess Series nya seru banget. Setiap serinya punya konflik yang berbeda-beda dan enggak akan bikin bosen. Selain Princess Series ada cerita-cerita yang bukan cerita berseri. Di cek ada profile-nya, enggak akan nyesel deh J

Srizqya
Srizqya ini author dengan cerita yang keren banget. Cerita-ceritanya itu Caramel, Vanilla, Mochaccino, Double ‘A’, Black Sugar. Caramel, Vanilla, sama Mochaccino itu nama tokoh utamanya yang kebetulan mereka bersaudara. Jadi mereka menceritakan diri mereka masing-masing. Jalan ceritanya beda-beda tapi rata-rata ending nya happy ending, kecuali Mochaccino. Black Sugar itu sekuel dari Mochaccino yang lagi dikerjakan. Ada juga Summer, kumpulan cerpen-cerpen yang enggak kalah kerennya. Semua pokoknya wajib, harus, kudu—apalah lagi namanya—dibaca!


Niallgina
Author dengan fan fiction dari One Direction yang spektakuler. Bisa dilihat dari Give Your Heart a Break—Harry Styles FF—yang wow banget. Kalau enggak mau fan fiction yang gitu-gitu aja bisa dibaca Cinderella “Converse” ini ceritanya bukan kayak fan fict biasanya. Anda penasaran? Sama. Yuk dibaca :p


Sashiikrn
Sashiikrn ini penulis yang bisa dibilang masih muda, ya. Umurnya kalau enggak salah 13 tahun tapi sudah punya banyak karya-karya spektakuler. Kira-kira sudah ada berapa cerita ya yang dibikin, hmm.. Ada Is it too Late?, Unexpected Drama, Fake!, Triple Trouble, Damn!, Sidekick, This is Not a Bet, dan Backfire. Wajib baca semuanya deh


WeyHeyNiallDaCraic
Specialist One Direction Fan Fiction! Aku sukanya ceritanya yang Angel Without Wings sama sekuelnya, Believe Me. Masih banyak fan fiction disini. Yang suka fan fiction langsung aja cek profile-nya Kak Anggi J


Winterinnight
Winterinnight ini aku baru kenal lewat ceritanya yang keren, Sparkly Butterfly. Aku kira ceritanya baru itu, ternyata udah ada You Got Me; Hey, Did You Know?; My Handsome Flower Boy; Because I Love You!; Ruby’s Heart; My Precious (Boy)Friend; Our Story; Sparkly Butterfly; The Dice; Freya; Carnation; Luckiest Snowfall. Aku sih baru baca Sparkly Butterfly, Carnation, Freya, Our Story, sama Luckiest Snowfall—sekuel dari Sparkly Butterfly—so, nunggu apa lagi? Yuk langsung baca.


Xyeaharryx
Harry Styles fan fiction specialist. Yang merasa Harry’s Girl, cerita-ceritanya Kak Sarah Golda Sabrina ini recommended banget apalagi yang Bali Beach sama sekuelnya, Give Me Love. Cerita yang lain juga enggak kalah keren. Yuk dibacaaa

***

Recommended Stories

Cerita ini aku temuin waktu lagi nyari teen fiction yang sudah completed. Dari cover-nya kurang menarik. Tapi isi nya we-o-we banget. Don’t judge a book by its cover .-.
Konfliknya bikin deg-degan, pingin tau akhirannya gimana, enggak jarang kita salah nebak apa akan yang terjadi atau siapa pelaku dari suatu masalah di cerita ini, dan bikin jatuh cinta sama karakternya. Aaa Damian Alberthart!! Oke, back to the topic. Disini aku enggak nyangka banget waktu konflik tentang Keira yang dituduh membocorkan data perusahaan Damian dan ternyata yang menjatuhkan Keira itu......... Siapa ya? Baca aja ;;)
Sinopsis dari author-nya
Damian Alberthart yang dingin dan arogan kembali dipertemukan takdir dengan Keira Schward, seorang gadis pemalu yang bertubuh lebah. Keira telah jatuh cinta pada Damian sejak 9 tahun yang lalu. Pertemuan mereka yang singkat begitu memberikan kesan pada Keira. Kebaikan dan ketulusan Damian telah menyentuh hatinya.
Sembilan tahun kemudian, tiba-tiba saja Damian melamar Keira, menjadikan ia sebagai istri. Namun Damian yang sekarang sungguh berbeda dari Damian yang pernah Keira kenal. Damian sangat dingin dan tidak peduli pada perasaannya. Pernikahan mereka bahkan bukan didasari oleh rasa cinta Damian pada Keira. Sebenarnya apa yang terjadi pada Damian hingga ia begitu berubah menjadi orang yang dingin dan tidak peduli? Dan apa sebenarnya yang menjadi alasannya untuk menikahi Keira?
Kenyataan yang ditemukan Keira mengenai masa lalu Damian sungguh tidak disangkanya, dan akhirnya membuat Keira memahami mengapa kini Damian telah menjadi sosok yang telah menutup hatinya rapat-rapat.
Cerita yang akan membawa kamu berkelana ke setiap sudut Frolenberg. Di tengah-tengah rimbunnya pepohonan Maple yang berdaun jingga pada musim gugur. Tentang pengkhianatan, permusuhan, persahabatan, dan keberanian untuk terus percaya dan memperjuangkan keyakinan.

Princess Series ini recommended banget. Menceritakan tentang 8 orang sahabat, Taylor, Mikayla, Carmen, Danies, Kiera, Tiffany, Amabel, dan Tiberon—Tibby. Setiap serialnya menceritakan kehidupan 1 orang dari 8 sahabat itu.
Princess Series kelima judulnya PS [5]: Heartbreaker menceritakan tentang Kiera yang terkenal sebagai Heartbreaker di sekolahnya. Saat dia mau menjadikan Rafadinata—seorang player—sebagai target selanjutnya, ternyata Nata menjadikannya target juga. Terus mereka membuat sebuah permainan. Tak disangka ternyata Kiera memiliki 2 kepribadian. Sebagai Kiera dan sebagai Rara. Rara mengetahui semua masa lalu yang Kiera tak tau. Penasaran sama kelanjutan permainan dan masa lalu Kiera? Yuk dibaca J

Princess Series ketujuh judulnya PS [7]: Step-Sister Secret menceritakan tentang kehidupan Tiffany yang ternyata Vampire. Dia bertemu dengan Maxon dan membatu Maxon untuk mencari ayahnya. Ditengeh cerita, seorang murid baru masuk ke kelas Tiffany. Ia adalah Tyler. Tiffany bisa merasakan kalau Tyler itu vampire juga. Setelah pertunangan Titania—kakak tiri Tiffany—dan Rex—kakak tiri Maxon—keluarga mereka diteror dengan berbagai macam kejadian dan setiap kejadian selalu ada post it berisi pesan dan huruf A dibawahnya. Sampai suatu hari, beberapa hari sebelum pernikahan Rex dan Titania, Tiffany mendapatkan post it yang berisikan bahwa si A membawa Titania ke ‘rumah lama’ Tiffany. Ia sama sekali tidak tau, tapi Maxon mengajaknya ke suatu rumah dan disana masalah itu dimulai. A yang sering meneror mereka ternyata .......... Siapa? Penasaran? Baca aja serial PS ke 7 ini. Paling seru deh pokoknya. Udah complete juga.
*Kalau mau baca Princess Series dari awal sampai akhir bisa langsung cek profile Wattpad-nya WulaaanFF aja ya. Semuanya seru kok dan konfliknya berbeda-beda

Cherry Blossom ini menceritakan tentang kehidupan seorang gadis bernama Abrianna. Nilai akademis maupun non akademisnya sudah sempurna. Tapi, kehidupannya yang belum sempurna. Orangtuanya bercerai, orang ketiga yang ia sayangi—setelah kedua orangtuanya—malah berhianat dan meninggalkannya. Ia pun bertemu dengan teman dari masa kecilnya dan ia juga bertemu dengan orang yang membuat hubungannya dengan orang ketiga yang ia sayangi merenggang. Parahnya, trouble maker itu sekarang menghancurkan kehidupannya dengan teman dari masa kecilnya. Ceritanya belum selesai tapi bikin selalu penasaran dan rela nunggu kelanjutannya. Ini wajib banget dibaca.
Sinopis dari author:
Abrianna—atau akrab disapa Abby, merasa hidupnya sudah lengkap. Nilai akademis dan di lapangan cewek berdarah Indonesia-Jepang itu selalu sempurna, punya ayah yang selalu mendukungnya, sahabat-sahabat yang menyenangkan dan selalu ada disaat dia butuhkan, juga pacar yang super perhatian.
Lalu, segalanya berubah semenjak orang-orang yang dia percayai mengkhianatinya. Rentetan pengkhianatan itu seakan-akan setia menjadi bayangannya kemana pun ia menginjakan kakinya. Dan, siapa sangka kalau hal-hal yang paling diinginkannya dalam hidup masih begitu jauh dari jangkauannya?
Termasuk orang itu.
Kata orang, setiap pilihan buruk selalu bisa menyuguhkan sebuah kisah yang menarik. Abby akhirnya menyadarinya: ia tidak hanya butuh serangkai kebetulan, tapi kepastian.
Nyatanya, hidupnya masih sangat jauh dari kata 'lengkap'.

Cerita tentang Audy dan Farel. Awalnya biasa aja kayak cerita cinta biasanya. Tapi, waktu ending nya, nyes banget. Kasian Audy gila. Penasaran? Baca aja. Sedikit kok.

Caramel itu nama tokoh utamanya. Jadi si Caramel ini dikasi tugas sama gurunya untuk menjadi mentor Rafa yang menurut Caramel itu paling nyebelin. Sampai akhirnya, Rafa mengatakan sesuatu yang membuat Caramel kaget. Tapi mereka harus berpisah karena Caramel harus melanjutkan sekoah menjadi dokter di Jerman. Beberapa tahun kemudian mereka bertemu. Tapi, ditengah-tengah cerita itu ada banyak hal yang unexpected banget. Baca ya. Bener-bener recommended. Vanilla sama Mochaccino itu juga recommended banget pokoknya harus baca!!

Ini menceritakan tentang Aoife Alberta Darlene yang dipindahkan ke Indonesia karena di negara asalnya, ia dihamili pacarnya yang tidak mau bertanggung jawab. Di Indonesia, ia menutupi kehamilannya dengan memakai jaket. Teman sebangkunya Garra—yang ganteng banget gilaaaa. Oke abaikan—tidak mengetahui apa-apa tentang Berta hingga suatu hari saat mereka dihukum, Berta pingsan dan mengeluarkan darah. Ia membawa Berta ke rumah sakit dan sejak saat itu Garra mengetahui dan mulai dekat dengan Berta. Perjalanan hidup mereka tidak lancar begitu saja. mereka terpaksa berpisah karena orangtua mereka—yang terkenal sebagai pengusaha dan orang palling berpengaruh di dunia bisnis—tidak setuju. Garra menikah dengan sepupunya, Clara yang mengetahui tentang semuanya dan mereka sepakat untuk bercerai setelah 3 bulan menikah. Berta menikah dengan seorang pengusaha bernama Ryan Asthaniel. Pada suatu kesempatan, Ryan harus bertemu dengan partner kerja barunya, Garra. Berta sangat menunggu saat-saat itu. namun saat mereka bertemu... Kenapa merek saat bertemu? Kenapaa? KENAPAAAA.. Oke jadi alay. Baca aja ceritanya. Pokoknya ini seru banget. Baca juga Kita sama A-Bian-Ca yang enggak kalah seru. Pokoknya harus baca kalau enggak mau nyesel. Nyesel itu enggak enak lo, nanti bisa kepikiran terus enggak bisa tidur terus dihantui sama cerita-ceritanya.

***

Recommended Author sama Stories nya segitu dulu, ya. Sebenernya masih banyak banget tapi sayangnya aku udah males nulis. Kalau mau tau cerita-cerita yang recommended atau cara bacanya di Wattpad atau apapun yang berhubungan dengan Wattpad, contact me on Line: feonieaudina or @FeonieAH

Dalam penulisan ini pasti aja ada yang salah/bahasanya kurang enak/kesalahan penulisan. Manusia tak luput dari kesalahan, jadi maaf ya J

17 comments:

  1. Boleh nanya gak... Wulaaanff yang buku 7 princess series ny itu judulnya appa aja ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fate, unsaid, never too young, tibby's journal, heartbreaker, step sister secret, summer and ammabel's pain

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Give me love nya Xyeaharryx udah gak ada di wattpad ya?

    ReplyDelete
  4. Permisi numpang promo. Dibaca juga yaaa...
    Masi pemula jadi mohon kritik dan sarannya.

    http://w.tt/1TXKBxD

    ReplyDelete
  5. Permisi numpang promo. Dibaca juga yaaa...
    Masi pemula jadi mohon kritik dan sarannya.

    http://w.tt/1TXKBxD

    ReplyDelete
  6. di baca juga ya cerita ku, Love In milan.
    dan please kritik dan saran nya buat siapa saja yg baca

    ReplyDelete
  7. di baca juga ya cerita ku, Love In milan.
    dan please kritik dan saran nya buat siapa saja yg baca

    ReplyDelete
  8. Numpang Promisi kak
    Baca cerita ku juga ya 😊
    http://my.w.tt/UiNb/tMq7F5wkRt
    Makasih 😊

    ReplyDelete
  9. numpang promosi ya kak :)
    baca ceritaku yuk! https://www.wattpad.com/story/68365801
    thanks :)

    ReplyDelete
  10. baca punyaku juga ya ^^ https://www.wattpad.com/story/75231095

    ReplyDelete
  11. kak kan kemarin aku coba hubungin wattpadku ke fb tapi, profilnya jadi kosong kaya awal mula buat. caara negembaliin ke awal sebelum aku hubungin fb gimana??? makasih

    ReplyDelete
  12. Hai author kece, tulisannya sangat membantu lho. Reviewnya sepenuh hati.. πŸ‘

    Aku juga penikmat bellawriters lho, jagoan aku "Revan & Reina" 😊

    Boleh, bagi yang berkenan mampir di wattpad aku dela maifitri (dee m),
    Next ada novel aku yang sudah diterbitkan Maret lalu "Cinta Tanpa Jeda".. Ceritanya aku pengen ganti cover buat cetakan ke dua. Nah lo, butuh masukan kek gitu plus vote juga buat sampai ke tahap itu.

    Dear penghuni wattpad, terkhusus author yang reviewnya super kece...
    Monggo kita kenalan dan berbagi cerita sampai berbagi pahala..

    Salam kenal.. 😊

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Penasaran!!! Bukan sama ceritanya. Tapi sama alasan kenapa penulisnya malah upload ke wattpad dan gk ke publisher. Apa untungnya nulis di wattpad?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya sih para penulis pemula yang merasa ceritanya belum layak untuk dibawa penerbit nulis di Wattpad.

      Tapi sekarang enggak jarang lo penerbit mulai melirik penulis Wattpad. Sudah mulai banyak tulisan-tulisan di Wattpad yang dibukukan dan terbukti menjadi best seller karena sebelumnya sudah punya 'nama' melalui Wattpad.

      Delete